Workshop Pengembangan Pembelajaran Teaching Factory SMK Darma Siswa Sidoarjo

Menindaklanjuti program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2024, SMK Darma Siswa Sidoarjo menggelar Workshop Pengembangan Pembelajaran Teaching Factory (TeFa) yang dihadiri oleh para guru. Teaching Factory (TeFa) merupakan sebuah model pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis, membawa suasana industri ke sekolah, sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas standar industri.

Pembelajaran Teaching Factory (TeFa) di SMK bertujuan untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi dunia kerja. Dengan model ini, kompetensi yang dimiliki siswa akan lebih selaras dengan kebutuhan industri, serta membantu membentuk karakter kerja lulusan SMK yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Agar pembelajaran Teaching Factory (TeFa) dapat berjalan secara maksimal, dibutuhkan peran aktif dari seluruh warga sekolah, termasuk guru. Oleh karena itu, SMK Darma Siswa Sidoarjo mengadakan Workshop Pengembangan Pembelajaran Teaching Factory (TeFa) untuk memperkuat pemahaman para guru mengenai model pembelajaran ini.

Dalam workshop ini, SMK Darma Siswa Sidoarjo menghadirkan Bapak Hadi Sisyanto, S.Kom, selaku direktur Creative Media untuk memberikan wawasan seputar Teaching Factory (TeFa). Creative Media, yang berperan sebagai pihak industri memberikan pengalaman praktik kepada para guru terkait dunia kerja. Hal ini bertujuan agar para guru semakin maksimal dalam menyiapkan lulusan yang kompeten sesuai kebutuhan industri.

Baca artikel lainnya: Creative Media Turut Serta Mensukseskan Job Fair Bursa Kerja Khusus SMK Darma Siswa Sidoarjo

Di akhir sesi, dilakukan diskusi bersama sehingga kegelisahan sekolah terkait lulusan SMK dapat diberi masukan dari pihak industri. Diskusi ini diharapkan dapat memberikan solusi dan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Darma Siswa Sidoarjo.

Workshop ini merupakan langkah SMK Darma Siswa Sidoarjo dalam mendukung program SMK Pusat Keunggulan, dengan harapan dapat menciptakan lulusan yang siap kerja dan memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan adanya workshop ini, diharapkan pembelajaran Teaching Factory (TeFa) di SMK Darma Siswa Sidoarjo dapat berjalan dengan lebih optimal dan memberikan manfaat yang signifikan bagi seluruh siswa dan guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *