Tutorial memasang iklan di Google Adwords

Tutorial memasang iklan di Google Adwords. Dari beberapa situs pencarian yang lagi trend saat ini adalag Google. Kami yakin Google adalah mesin pencarian yang digunakan oleh 90 % pengguna dan penggila internet. Jadi bisa di bilang Google adalah gudangnya ilmu untuk belajar dan mencari apa saja yang anda cari.

Jika ada yang bertanya, apa sih Google itu? 100 % pengguna internet akan menjawab “suatu tempat untuk menemukan solusi yang paling populer di internet”. Tapi jawaban kami sangat berbeda dengan jawaban orang pada umumnya.

Apa sih Google itu ? Google adalah sebuah tool yang gunakan untuk mencari calon client / konsumen nomor nomor 1 di internet ? Berbeda bukan!

Pada Google, website anda dapat nongkrong dihalaman pertama jika seseorang mengetikkan kata pencarian yang dibutuhkan pada kotak search Google. Kata-kata yang diketik pada kotak search di Google itulah yang dinamakan Keyword. Disini anda diberikan keistimewaan oleh Google, jika anda ingin beriklan di Google karena anda hanya perlu membayar jika iklan anda di klik oleh pengguna internet. Ini merupakan cara beriklan yang sangat menyenangkan dan beriklan seperti ini yang di sebut dengan Pay Per Click (PPC) jadi anda hanya perlu membayar untuk setiap klik saja. Dalam bahasa Indonesianya disebut Biaya Perk Klik (BPK).

Sekarang bagaimana caranya kita beriklan di Google seperti yang dijelaskan tadi diatas. Berikut adalah step by step cara beriklan di Google. Untuk beriklan di Google syarat utama anda harus sudah mempunyai account di Google Adword. Jika belum mempunyai account, anda bisa mendaftar dengan GRATIS. Berikut adalah langkah-langkah beriklan di Google Adword:

  1. Untuk pendaftaran / registrasi, silahkan klik Google Adword
  2. Jika anda sudah mendaftar, anda bisa masuk di account Google Adword anda dan menuju ke mneu Campaign Summary / Kampanye. Perlu di ingat bahwa biasanya bagi user atau account yang baru mendaftar mereka akan di arahkan untuk membuat kampanye iklan. Untuk urutan dan langkah-langkahnya memang sedikit berbeda (bahkan tiap kali Google Update tampilan biasanya juga berbeda) hanya saja teknik dan caranya sama hanya beda di tampilan, jadi ini merupakan hal yang wajar.
    Tutorial memasang iklan di Google AdWords

    Tutorial memasang iklan di Google AdWords

  3.  Jika anda sudah masuk di account Google Adword, selanjutnya silahkan anda klik “keyword targeted” menu ini berada tepat di sebelah text “create new campagin”.
    Tutorial memasang iklan di Google AdWords

    Tutorial memasang iklan di Google AdWords

  4. Pada menu “keyword targeted” ini akan menampilkan iklan anda yaitu sesuai dengan keyword yang anda inginkan, sedangkan pada menu “placement-targeted” ini menampilkan iklan anda pada website sesuai yang anda inginkan. Sedangkan yang akan kita bahas untuk kali ini adalah pada menu “keyword-targeted”. Ketika anda mengklik menu “keyword-targeted” anda akan diarahkan kesebuah halaman konfigurasi iklan anda untuk yang pertama.
    Tutorial memasang iklan di Google Adword

    Tutorial memasang iklan di Google Adword

    Penjelasan dimasing-masing kolom:

    • Untuk kolom “name your campaign” anda diharuskan menulis nama kampanye yang akan anda buat. Perlu di ingat bahwa saat anda memasukkan nama kampanye pada kolom tersebut, nama tersebut harus jelas agar Google Adword dapat membedakan kampanye yang anda buat dengan kampanye yang lain. Ini bisa anda isikan nama website yang akan anda iklankan di Google Adword.
    • Sedangkan pada kolom “Name your new Ad Group”, silahkan anda inputkan kata kunci yang relevan sesuai dengan keyword yang anda inginkan pada iklan anda nanti. Kami berikan contoh sederhana, jika anda ingin kata kuncinya mengandung kata “Kursus Komputer” maka nama pada Group ini adalah “Kursus Komputer”. Ini digunakan untuk mengelompokkan AdGroup anda pada kata kunci utama dengan tujuan agar memudahkan untuk menganalisis kedepannya.
    • Pada kolom “Language” anda dapat memilih target pasar anda, yaitu kira-kira market kami ini orang mana sih, Indonesia atau luar negeri, nah in anda sendiri yang tahu jawabannya. Jika anda berjualan secara online dan kebetulan pasar market anda tidak hanya orang indonesia anda bisa memilih “English” karena pada umunya budaya kita di Indonesia ini, orangnya masih suka klik sana klik sini tapi tidak beli hanya tanya-tanya, maunya yang gratis kalau nggak gitu ya, murah tapi dapat banyak. Betul tidak ? J
  5. Pada halaman dibawah ini adalah memilih target customer atau pelanggan kita berdasarkan lokasi iklan kita.
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 02

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 02

    Jika anda ingin memasang iklan di negara tertentu anda bisa memilih “country and territories”, sedangkan anda ingin memasang iklan di kota-kota tertentu bisa memilih “Region and city” dan jika anda ingin memasang iklan anda berdasarkan wilayah yang lebih spesifik, contohnya koordinat tertentu dari satelit anda bisa memilih “Customised”. Luar biasa bukan ?

  6. Silahkan anda pilih berdasarkan kebutuhan iklan anda kedepan. Kemudian anda klik “Continue”.
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 03

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 03

  7. Selanjutnya adalah anda menetukan dinegara manakah iklan anda akan ditampilkan, jika market kita adalah orang indonesia, tentunya kita memilih “Indonesia”, sebaliknya jika luar negeri kita bisa memilih “US”. Tapi kami juga pengalaman yang seru yang pantas dan layak anda coba negara mana saja yang cocok dalam mencari keyword tertentu. Langsung saja masuk ke http://Google.com/trends
  8. Setelah and memilih negara mana sasaran market anda, langkah selanjutnya adalah klik tombol “ continue “.
  9. Silahkan anda masukkan keyword iklan anda, berikut ada tips-tips menarik yang perlu anda coba:
    • Buatkan kalimat yang membuat orang bertanya-tanya dan penasaran
    • Tuliskan kalimat yang tidak biasa orang jumpai / kontroversial
    • Buatlah sebuah kalimat pertanyaan yang menarik
    • Kalimat yang anda tulis harus mengandung kata kunci / keyword, sehingga ketika iklan anda muncul di halaman pertama akan terlihat Bold dan terlihat sangat menonjol.
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 04

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 04

  10. Dibawah ini adalah beberapa pilihan kata kunci / keyword untuk pada iklan anda, anda bisa memasukkan kata kunci pilihan anda sendiri disini. Ketika orang mencari atau mengetikkan keyword anda di Google maka dijamin kata kunci anda akan nongkrong dihalaman pertama Google.
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 05

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 05

    Tips : Hindari pemakain keyword yang berlebihan misalnya, ratusan atau bahkan ribuan kata kunci. Karena Google mempunyai prinsip jika iklan anda memang berkualitas dan banyak yang melakukan klik maka iklan anda akan mendapatkan harga yang lebih rendah dari sebelumnya. Pertanyaannya darimanakah Google dapat menilai bahwa iklan kita berkualitas dibanding dengan iklan yang lain ? Jadi begini ketika immpression di iklan anda minim sedangkan banyak yang klik, nah dari situ Google sudah bisa menilai bahwa iklan anda berkualitas. Sedangkan jika impression anda ratusan atau bahkan ribuan dan ternyata yang mengklik hanya puluhan orang sudah pasti Google akan menilai bahwa iklan anda kurang berkualitas, yang terjadi adalah tidak adanya keseimbangan antara impression dan pengunjung serta iklan anda harga akan menjadi mahal.

  11. Langkah selanjutnya tinggal anda klik tombol “ continue “
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 06

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 06

  12. Text tersebut akan tampil jika keyword yang anda inginkan harus mendapatkan persetujuan dari hukum yang ada di negara amerika, ribet yah! Tapi tenang saja, silahkan anda lanjutkan dan klik tombol “ Next ”.
  13. Pembuatan iklan kita sudah Finish dan akan muncul halaman seperti dibawah ini, silahkan ada klik “ Save Ad Group “. Selesai sudah…
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 07

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 07

Melakukan Konfigurasi pada Iklan yang sudah di buat

  1. Untuk melakukan konfigurasi iklan anda lebih lanjut, silahkan anda pilih menu campaign / kampanye, kemudian anda pilih menu “ Edit setting ”.
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 08

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 08

  2. Berikut ini adalah konfigurasi pada halaman campaign / kampanye anda. Tepat pada bagian kolom Budget kita dapat menentukan berapa budget kita perhari, contoh perhari = Rp. 10.000,-. Dan kita mempunyai budget Rp. 100.000,-. Jadi secara otomatis iklan kita hanya akan tayang selama 10 hari itu. Konfigurasi ini sangat penting jangan sampai anda banyak berhutang / terlilit utang gara-gara iklan anda.
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 09

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 09

Keterangan:

  • Keyword Bidding : Digunakan untuk menetukan berapa harga standart dari keyword anda.
  • Ad Schedulling : Digunakan untuk tayangan pukul berapa iklan anda ingin ditayangkan.
  • Position Preference: Ini adalah bagian terpenting, dan kita wajib menklik / centang pada “ Enable Position Prefence “, so di posisi berapakah iklan kita akan ditampilkan oleh Google. Ini tips yang paling Jempol, anda harus dapat memastikan bahwa iklan anda akan ditampilkan dihalaman pertama, jika tidak muncul dihalaman pertama, lebih baik tidak perlu ditampilkan. Setuju ?
  • Ad Serving : Pada bagian ini lebih baik dibiarkan standart, karena lebih baik iklan kita dapat tampil kapan saja, daripada terus menerus akan membuat pengunjung bosan. Kami yakin ini lebih efektif daripada iklan anda muncul setiap hari.
    Tutorial memasang iklan di Google Adword 10

    Tutorial memasang iklan di Google Adword 10

    • Google Search : Pada bagian ini ketika orang melakukan search baru iklan anda kan muncul.
    • Search Network : Ini merupakan partner Google, jadi iklan anda akan ditampilkan pada halaman partner-partner yang lainnya, contohnya: Ask Jeeves (Search Engine lain).
    • Content Network : Iklan anda dapat muncul pada adsense orang lain / halaman website maupun blog orang lain.
    • Content Bids : Disini anda bisa menentukan harga yang memang beda untuk memasang iklan di konten network.

Mungkin itu sedikit tutorial yang dapat kami sampaikan, semoga sedikit membantu dan jangan pernah untuk selalu belajar, meskipun kami juga terus belajar dan terus belajar sampai kapanpun, karena dengan ilmu kita dapat mengubah dunia. Mudah-mudahan bermanfaat yah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.