
Silabus Pemograman Java Basic
Durasi Pembelajaran
Durasi Pembelajaran level Basic adalah sebanyak 10 x pertemuan, setiap pertemuan yaitu @120 menit (2 jam) tergantung daya tangkap Peserta/siswa. Setelah melewati 10 x pertemuan Peserta/siswa ingin belajar lebih dalam (tingkat lanjut) bisa mengambil layanan level Advanced atau Mahir dengan cara menghubungi Creative Media.
Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.
A. Standar Kompetensi
User/siswa memiliki pemahaman mengenai dasar-dasar pemrograman java, mampu menerapkan konsep Pemrograman Berorientasi Objek (PBO), memahami class-class di bahasa pemrograman java, Penerapan Java GUI, Koneksi database dalam membuat aplikasi sederhana dilengkapi dengan report designer.
B. Kompetensi Dasar & Indikator
Pertemuan 1
Identifikasi kebutuhan user/siswa.
Indikator:
Indikator :
- Peralatan yang Diperlukan.
- Java Development Kit.
- Java Runtime Environtment.
- NetBeans IDE.
Pertemuan 2
user/siswa mampu memahami Dasar-Dasar bahasa Pemrograman Java.
Indikator :
- Program Hello World.
- Mengenal dan memahami penggunaan Tipe Data.
- Mengenal dan memahami Variabel.
- Mengenal dan memahami Operator.
- Mengenal dan memahami Percabangan.
- Mengenal dan memahami Perulangan.
- Mengenal dan memahami fungsi Array.
Pertemuan 3
User/siswa mampu memahami konsep Pemrograman Berorientasi Objek.
Indikator :
- Mengenal dan memahami Object pada PBO
- Mengenal dan memahami Class.
- Mengenal dan memahami Paket.
- Mengenal Interface.
Pertemuan 4
User/siswa mampu memahami cara penanganan Kesalahan (Error Handle).
Indikator :
- Menangkap Kesalahan (Error Handle).
- Penanganan Secara Bertingkat.
- Melontarkan Exception.
- Membuat Kelas Exception.
- Membuat Kelas RuntimeException.
- Blok Finally.
Pertemuan 5
User/siswa mampu memahami Class – Class bahasa Pemrograman Java.
Indikator :
- Memahami Class String.
- Memahami Class Date.
- Memahami Class Calendar.
Pertemuan 6
latihan yaitu penggunaan Data Variabel, Operator dan Pembuatan
Indikator :
- Menampilkan Data Variabel.
- Penggunaan Operator Aritmatika.
- Penggunaan Operator Relasi.
- Penggunaan Operator Logika.
- Penggunaan Operator Kondisi.
- Pembuatan Object & Class Pegawai.
Pertemuan 7
User/siswa mampu bekerja menggunakan Java GUI (Graphical User Interface).
Indikator :
- Menggunakan komponen GUI (JFrame, JCheckBox, JComboBox, JLabel, JPanel, JRadioButton, JScrollPane, JTextArea, JtextField dan JButton).
- Menambahkan Action Handler pada Objek
- Pembuatan Form Entry Pegawai.
Pertemuan 8
User/siswa mampu menggunakan JDBC API (Java Database Conectivity).
Indikator :
- Pengenalan PHPMyadmin dan SQLyog (tool & editor MySQL).
- Pengenalan Structured Query Language (SELECT, INSERT, UPDATE dan DELETE).
- JDBC (Java Database Conectivity).
- Membuat aplikasi database Pegawai.
Pertemuan 9
User/siswa mampu mendesain laporan dengan Report Designer (Ireport).
Indikator :
- Design laporan dengan Report Designer (Ireport).
- Panggil Laporan dari program yang kita buat (Load, Compile, Tampilkan).
- Menambahkan library ke dalam project.
- Menjalankan Report dari program Java.
Pertemuan 10
latihan yaitu Pembuatan aplikasi database Pegawai menggunakan Bahasa Pemrograman Java.
Indikator :
- Pembuatan Form dan Database Entry Pegawai.
- Pembuatan Form dan Database Payroll.
- Pembuatan Report Data Pegawai.
- Pembuatan Report untuk Slip Gaji Pegawai.
Silabus Pemograman Java Advance
Durasi Pembelajaran
Durasi Pembelajaran level Advanced adalah sebanyak 8 x pertemuan, setiap pertemuannya yaitu @120 menit (2 jam). Jika masih membutuhkan bimbingan secara ekslusif bisa mengajukan tambahan paket Animasi level Advanced ke Creative Media dengan cara menghubungi pihak kantor atau langsung datang ke kantor Creative Media.
Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.
A. Standar Kompetensi
User/siswa mampu membuat Aplikasi Database Mini Market yang mencakup halaman User Login, Data Supplier, Data Customer, Data Barang, Data Satuan, Data Kategori, Form Pembelian, Form Penjualan dan Laporan – Laporan dengan menggunakan bahasa Pemrograman Java (NetBeans IDE).
B. Kompetensi Dasar & Indikator
Pertemuan 1
User/siswa mampu menggunakan Structured Query Language pada Database Server MySQL untuk project Aplikasi Mini Market.
Indikator :
- Merancang Struktur Database Aplikasi Mini Market.
- Membuat Tabel Database “supplier”.
- Membuat Tabel Database “customer”.
- Membuat Tabel Database “barang”.
- Membuat Tabel Database “satuan”.
- Membuat Tabel Database “kategori”.
- Membuat Tabel Database “pembelian”.
- Membuat Tabel Database “penjualan”.
Pertemuan 2
User/siswa mampu membuat Desain Form untuk Aplikasi Mini Market menggunakan NetBeans IDE.
Indikator :
- Membuat Desain Form Supplier.
- Membuat Desain Form Customer.
- Membuat Desain Form Barang.
- Membuat Desain Form Satuan.
- Membuat Desain Form Kategori.
- Membuat Desain Form Pembelian.
- Membuat Desain Form Penjualan.
Pertemuan 3
User/siswa mampu melakukan Pemrograman Database (Coding) untuk Aplikasi Mini Market menggunakan Database Server MySQL Bagian 1.
Indikator :
- Melakukan Pemrograman Database pada Form Supplier.
- Melakukan Pemrograman Database pada Form Customer.
Pertemuan 4
User/siswa mampu melakukan Pemrograman Database (Coding) untuk Aplikasi Mini Market menggunakan Database Server MySQL Bagian 2.
Indikator :
- Melakukan Pemrograman Database pada Form Barang.
- Melakukan Pemrograman Database pada Form Satuan.
- Melakukan Pemrograman Database pada Form Kategori.
Pertemuan 5
User/siswa mampu melakukan Pemrograman Database (Coding) untuk Aplikasi Mini Market menggunakan Database Server MySQL Bagian 3.
Indikator :
- Melakukan Pemrograman Database pada Form Pembelian.
- Melakukan Pemrograman Database pada Form Penjualan.
Pertemuan 6
User/siswa mampu membuat Desain Laporan untuk Aplikasi Mini Market menggunakan Report Designer (Ireport) Bagian 1.
Indikator :
- Membuat Desain Laporan Supplier.
- Membuat Desain Laporan Customer.
- Membuat Desain Laporan Barang.
Pertemuan 7
User/siswa mampu membuat Desain Laporan untuk Aplikasi Mini Market menggunakan Report Designer (Ireport) Bagian 2.
Indikator :
- Membuat Desain Laporan
- Membuat Desain Laporan
Pertemuan 8
latihan yaitu pembuatan Aplikasi Mini Market dengan model MDI FORM dilengkapi dengan Form Login User untuk keamanan Data.
Indikator :
- Membuat Halaman Utama Aplikasi.
- Membuat Halaman User Login.
- Membuat Halaman Data Supplier, Data Customer, Data Barang, Data Satuan, Data Kategori, Form Pembelian, Form Penjualan dengan model Form Internal.