Silabus Pemograman Java Android

Silabus Pemrograman Java Android

Silabus Digital Marketing Basic

Durasi Pembelajaran

Durasi Pembelajaran level Basic adalah sebanyak 10 x pertemuan, setiap pertemuan yaitu @120 menit (2 jam) tergantung daya tangkap Peserta/siswa. Setelah melewati 10 x pertemuan Peserta/siswa ingin belajar lebih dalam (tingkat lanjut) bisa mengambil layanan level Advanced atau Mahir dengan cara menghubungi Creative Media.

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.

A. Standar Kompetensi

User/siswa memiliki pemahaman mengenai OOP (Object Oriented Programming), dimana peserta dapat mengerti dengan baik mengenai konsep Object Oriented Programming serta dapat mengerti mengenai berbagai macam activity yang terdapat dalam Java Android. Peserta memiliki pemahaman secara baik dan benar mengenai pembuatan aplikasi di Android, serta dapat menerapkan teknik-teknik khusus dalam pembuatan aplikasi tersebut. Selain itu, Peserta dapat menggunakan IDE Android Studio dengan baik.

B. Kompetensi Dasar & Indikator

Pertemuan 1

Identifikasi kebutuhan Peserta.

Indikator :

  • Mengetahui kelemahan dan kekuatan Peserta dalam
  • Mengetahui tujuan/motivasi Peserta untuk pembelajaran programming
  • Installasi software-software pendukung pada laptop / computer Peserta (Android Studio).
Pertemuan 2

Peserta mampu mengenal beberapa konsep dalam pembuatan aplikasi Android.

Indikator :

  • Pemahaman dan penerapan mengenai konsep OOP dalam Android.
  • Pengajaran mengenai XML dan manfaatnya dalam Manifest di
  • Pemberian contoh beberapa SDK dalam Android guna memotivasi Peserta dalam belajar
Pertemuan 3

Peserta mengenal Widget dalam Android serta membuat aplikasi sederhana menggunakan Android

Indikator :

  • Peserta mengenal Widget dalam Android serta membuat aplikasi sederhana menggunakan Android
  • Peserta mengenal Widget dalam Android serta membuat aplikasi sederhana menggunakan Android
Pertemuan 4

Peserta mengenal Widget dalam Android serta membuat aplikasi sederhana menggunakan Android

Indikator :

  • Memahami layouting seperti Frame, Linier, Gravity, Relative, Table, Scroll layout serta beberapa layouting
  • Membuat aplikasi sederhana dengan pemanfaatan layout seperti Calculator, dll
Pertemuan 5

Peserta dapat menggunakan Selection View

Indikator :

  • Mengerti tentang data Adapter dalam penggunaanya dalam Selection View
  • Menggunakan Listview, Spinner, Gridview, Autocomplete Textview, serta Gallery
  • Membuat aplikasi sederhana dalam pemanfaatan Selection View
Pertemuan 6

Peserta mampu menggunakan Date and Time serta utility lain dalam Android.

Indikator :

  • Memahami format Date and Time dalam Android serta cara Penggunaannya
  • Penggunaan Tab selector dalam aplikasi Android
  • Penggunaan Menu dalam activity Android
  • Penerapan beberapa Utility lain seperti Font dan Alert Dialog
Pertemuan 7

Latihan untuk membuat Webkit dalam Android

Indikator :

  • Memahami konsep tentang HTML dan Javascript pada Android
  • Menggabungkan serta menerapkan HTML dalam Android
  • Menggabungkan serta menerapkan Javascript dalam Android
Pertemuan 8

Peserta mampu mengirim data antar Activity

Indikator :

  • Pembahasan dan pemahaman pengertian Activity dalam Android
  • Membuat aplikasi sederhana yang memanfaatkan proses tukar menukar data antar Activity
Pertemuan 9

Peserta mampu menggunakan dan manajemen Database dalam pembuatan aplikasi Android

Indikator :

  • Pengenalan dan pemahaman mengenai Database SQLite
  • Melakukan input dan outpout pada Database SQLite
  • Melakukan manajemen : Insert, Update, Delete serta View data pada Database SQLite
  • Membuat konsep aplikasi Android sederhana sebagai Tugas Akhir
  • Membuat konten menarik di Instagram
Pertemuan 10

Latihan untuk membuat proyek aplikasi yang mencakup beberapa utility yang pernah dipelajari dan ajarkan tentor sebelumnya.

Indikator :

  • Konsultasi aplikasi Andorid yang akan dibuat dengan Tentor
  • Penerapan dan pengaplikasian konsep aplikasi Android
  • Konsultasi kesulitan dalam pembuatan aplikasi Android
  • Peserta mengumpulkan Tugas Akhir dari Proyek apikasi Android yang sudah dibuat ke Tentor / Kantor Creative Media sebagai syarat pengambilan Sertifikat Keahlian

Silabus Digital Marketing Advanced

Durasi Pembelajaran

Durasi Pembelajaran level Advanced adalah sebanyak 8 x pertemuan, setiap pertemuannya yaitu @120 menit (2 jam). Jika masih membutuhkan bimbingan secara ekslusif bisa mengajukan tambahan paket Animasi level Advanced ke Creative Media dengan cara menghubungi pihak kantor atau langsung datang ke kantor Creative Media.

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.

A. Standar Kompetensi

Peserta/siswa mampu menerapkan keilmuwan Digital Marketing pada tingkat Advanced dengan melakukan optimasi konten yang relevan dengan SEO, melakukan optimasi SEO On Page & SEO Off Page, Internal Link, Optimasi Website, Meningkatkan Traffic dan pengunjung dengan Email Marketing, penggunaan tingkat lanjut pada Google Adwords & Google Adsence serta melakukan optimasi Iklan di Social Media (Instagram & Facebook).

B. Kompetensi Dasar & Indikator

Pertemuan 1

Peserta/Siswa mampu melakukan optimasi konten dengan SEO On Page.

Indikator :

  • Pengertian SEO On Page
  • Meta Tags dan penggunaannya
  • Heading
  • Struktur URL
  • Alt Text Gambar
  • Kecepatan Loading Page
  • Konten Situs Web
  • Internal Link
  • Cara melihat kode Tags SEO pada beberapa browser
  • Membuat File ROBOT.TXT
  • Table Perencanaan Penggunaan Keyword
Pertemuan 2

Peserta/Siswa mampu melakukan optimasi konten dengan SEO Off Page

Indikator :

  • Pengertian SEO Off Page dan Backlink
  • Link Building
  • Backlink Natural
  • Google Page Rank
Pertemuan 3

Peserta/siswa mampu menggunakan Internal Link dan Silo Struktur dalam Optimasi Web

Indikator :

  • Pengertian Internal Link x
  • Manfaat Internal Link
  • Google Analytics
  • Google Search Console
  • Google index
  • Mengenal Silo Struktur
  • Aplikasi Silo Struktur
Pertemuan 4

Peserta/siswa mampu menggunakan Email Marketing untuk meningkatkan traffic atau pengunjung.

Indikator :

  • Cara untuk mendapatkan email pelanggan yang lainnya
  • Menulis email jualan supaya memiliki konversi yang tinggi
  • Mendapatkan traffic atau pengunjung secara terus menerus
  • Cara agar email promosi dibaca oleh semua kontak (Open Rate 100%)
  • Strategi membuat Email Marketing
Pertemuan 5

Peserta/siswa mampu menggunakan Google AdWords untuk meningkatkan iklan pada Google.

Indikator :

  • Mengenal ROI AdWords
  • Cara Meningkatkan ROI dalam iklan AdWords
  • Quality Score dan Faktor mempengaruhinya
  • Cara melihat iklan yang ada di Google AdWords
  • Cara Google AdWords menentukan posisi iklan
Pertemuan 6

Peserta/siswa mampu memahami penggunaan Google AdSense dalam meningkatkan jumlah pengunjung yang datang pada Website sehingga menambahkan jumlah income yang diperoleh.

Indikator :

  • Mengenal Bug Google AdSense
  • Aturan Kebijakan Program AdSense
  • Mengenal Sistem Verifikasi AdSense
  • Mengenal Sistem Pembayaran AdSense
  • Cara Supaya Website di terima Google AdSense
  • Membuat Iklan Melayang Dibawah (Mobile)
  • Meningkatkan CPC Google Adsense
  • Menghindari konten plagiat
Pertemuan 7

Peserta/siswa mampu membuat iklan menggunakan Instagram.

Indikator :

  • Desain konten menggunakan Canva
  • Membuat Desain Iklan Instagram
  • Membuat Iklan Instagram
  • Mendapatkan banyak jumlah Like/Comment di Instagram
  • Menggunakan beberapa tool untuk membuat iklan Instagram
  • Promosi Instagram menggunakan Power Editor
Pertemuan 8

Peserta/siswa mampu membuat iklan menggunakan Facebook.

Indikator :

  • Memasang iklan Facebook Ads
  • Perbedaan Boost Post dan Ads Manager
  • Pengenalan tentang FB Pixel
  • Perbedaan Published dan Unpublished pos
  • Menentukan Target Market
  • Memasang iklan pertama
  • Mempelajari report iklan
  • Promosi Facebook Ads menggunakan Power Editor
  • Konsultasi & Tanya Jawab