Silabus Pemograman Dasar
Durasi Pembelajaran
Durasi Pembelajaran bidang studi Pemrograman Dasar adalah sebanyak 10 x pertemuan, setiap pertemuannya yaitu @120 menit (2 jam). Bidang studi lanjutan setelah mengikuti Pemrograman Dasar ini diantaranya: Web Designer, Pemrograman Web, Pemrograman Java Android dan Pemrograman Mobile iOS.
Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.
A. Standar Kompetensi
User/siswa memiliki pemaham mengenai Algoritma, Bahasa Pemrograman, Tipe data, Operator, Ekspresi, Struktur Kontrol Percabangan, Logika Pemrograman dan Konversi data sesuai dengan standart pemrograman dasar. Siswa memiliki kemampuan dasar dalam menganalisa sebuah permasalah guna pengembangan sebuah program.
B. Kompetensi Dasar & Indikator
Pertemuan 1
Mengenal konsep, struktur, pseudocode, flowcahrt, tipe data, operator dalam algoritma pemrograman.
Indikator :
- Memahami Konsep Algoritma
- Memahami Struktur Algoritma
- Memahami Algoritma menggunakan bahasa natural Algoritma
- Memahami Pseudocode
- Memahami Flowchart dan penggunaan Tool Flowchart
- Pengenalan Variabel, Macam macam Array, bolean
Pertemuan 2
User / Siswa mampu mengenal serta menentukan tipe data dan operator dalam pembuatan program serta instalasi tools bahasa pemrograman dasar guna memahami pseudocode perancangan program.
Indikator :
- Memahami Pengenalan tipe data
- Memahami Pengenalan operator
- Memahami Pengenalan bahasa pemrograman
- Memahami Pengenalan tools/framework
- Memahami instalasi tools bahasa pemrograman
- Memahami struktur bahasa pemrograman
Pertemuan 3
User / Siswa mampu mengenal dan memahamai standar output dan input dalam sebuah program yang telah di kompilasi dan di eksekusi.
Indikator :
- Memahami standar input & output dalam bahasa pemrograman
- Memahami kompilasi dan eksekusi program
- Memahami perbaikan kesalahan
- Tanya jawab atau mengulang pembahasan di pertemuan pertama dan pertemuan ke-dua.
- Memastikan siswa telah benar benar memahami tentang tipe data, Variable, Operator dan cara eksekusi program.
Pertemuan 4
User / Siswa mampu memahami dan mengaplikasikan perintah-perintah, memasukkan dan menampilkan data.
Indikator :
- Memahami perintah dalam input data berupa numerik, karakter dan string.
- Memahami perbedaan data bertipe karakter dan data bertipe numerik, dan perintah yang digunakan.
- Memahami Perintah untuk membaca data yang bertipe karakter.
- Perintah untuk menampilkan data kelayar monitor.
- Memahami pengaturan tampilan bilangan pecahan (fibonaci)
Pertemuan 5
User / Siswa mampu menyimpulkan algoritma perulangan untuk menyelesaikan masalah, serta menganalisa algoritma perulangan.
Indikator :
- Memahami Percabangan 1 kondisi
- Memahami Percabangan 2 kondisi
- Memahami Percabangan lebih dari 2 kondisi
- Memahami Percabangan bersarang.
- Memahami perulangan sebagai pecahan naik dan pecahan turun.
Pertemuan 6
User / Siswa mampu mengenal struktur perulangan serta memahami studi kasus sesuai dengan perulangan dalam pemrograman dasar.
Indikator :
- Memahami struktur while-do, for, while, while bersarang.
- Memahami struktur do-while.
- Memahami struktur for.
- Memahami struktur while.
- Memahami struktur while bersarang.
- Memahami studi kasus yang di berikan oleh trainer.
Pertemuan 7
User / Siswa mampu memahami soal dan membuat algoritma serta program sederhana.
Indikator :
- Review & latihan soal
- Menyelesaikan soal tentang algoritma yang di berikan oleh trainer.
- Menyelesaikan soal tentang program yang di berikan oleh trainer
Pertemuan 8
User / Siswa mampu memahami soal dan membuat sebuah simulasi program kasir Toko sederhana.
Indikator :
- Tipe data pada struktur percabangan.
- Menyelesaikan soal tentang pembuatan algoritma untuk program kasir toko sederhana
- Menyelesaikan soal tentang pembuatan flowchart untuk sebuah program kasir toko sederhana
- Menyelesaikan soal tentang pembuatan program kasir toko sederhana.
Pertemuan 9
User / Siswa mampu memahami dan menerapkan studi kasus program konversi, matrix.
Indikator :
- Memahami dan menerapkan Matriks ordo 2×2, transpose dan jumlahnya.
- Mencari mean dengan menggunakan array satu dimensi.
- Alur program dan cara membuat program konversi satuan panjang, satuan kecepatan.
Pertemuan 10
User / Siswa mampu memahami soal dan membuat program dengan
array 2 dimensi – array n
Indikator :
- Mengulang materi array satu dimensi, array 2 dimensi, array multidimensi.
- Menyelesaikan soal tentang pembuatan program ilustrasi array 3 dimensi dengan 24 elemen.
- Cara Akses array multidimensi.
- Menyelesaikan soal tentang pembuatan program bangun datar dengan 3 / 4 pilihan menu.