Silabus Digital Marketing

Silabus Digital Marketing

Silabus Digital Marketing Basic

Durasi Pembelajaran

Durasi Pembelajaran level Basic adalah sebanyak 10 x pertemuan, setiap pertemuan yaitu @120 menit (2 jam) tergantung daya tangkap Peserta/siswa. Setelah melewati 10 x pertemuan Peserta/siswa ingin belajar lebih dalam (tingkat lanjut) bisa mengambil layanan level Advanced atau Mahir dengan cara menghubungi Creative Media.

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.

A. Standar Kompetensi

Peserta/siswa memiliki pemahaman tentang Digital Marketing untuk peningkatan promosi sebuah produk maupun jasa dengan penerapan teknik Search Engine Optimization (SEO) pada sebuah Website, melakukan riset kata kunci, meningkatkan rating website dihalaman pertama Google, melakukan manajemen bisnis menggunakan Google My Business. Selain itu peserta/siswa mampu menggunakan Google Adsense pada Website CMS, Instagram Ads & Facebook Ads sebagai media promosi Digital untuk meningkatkan promosi & penjualan.

B. Kompetensi Dasar & Indikator

Pertemuan 1

Peserta/Siswa memahami penggunaan Digital Marketing dalam meningkatkan informasi serta promosi.

Indikator :

  • Memahami pengenalan dan konsep Digital Marketing
  • Melakukan Perencanaan Digital Marketing
  • Penerapan program Digital Marketing (Social Media Marketing, Search Engine Marketing, Email Marketing, Transformasi Desain dan Penulisan dalam Website)
  • Kegunaan dan manfaat Digital Marketing
Pertemuan 2

Peserta/Siswa mampu menerapkan Digital Marketing menggunakan Search Engine Optimatization (SEO)

Indikator :

  • Pengenalan dasar SEO (Search Engine Optimization)
  • Tujuan dan Manfaat SEO
  • Cara kerja SEO
  • Kelebihan dalam menggunakan SEO
  • Teknik-teknik SEO
  • Algoritma pencarian Google
Pertemuan 3

Peserta/siswa mampu menerapkan Search Engine Optimatization (SEO) pada sebuah Platform Website CMS

Indikator :

  • Pengenalan seputar domain dan hosting yang sesuai SEO
  • Memilih nama dan ekstensi domain sesuai dengan SEO
  • Jenis-jenis Layanan Hosting/Server
  • Tips dalam memilih hosting yang tepat dengan SEO
  • Mengenal fitur menu dashboard Website CMS
  • Create dan Konfigurasi Website CMS
  • Mengetahui fungsi dan setting dari beberapa feature dan plugin Website CMS
Pertemuan 4

Peserta/siswa mampu meningkatkan traffic SEO pada sebuah Website dengan Keyword atau kata kunci tertentu.

Indikator :

  • Pengertian keyword atau kata kunci
  • Melakukan filter keyword potensial
  • Macam & jenis keyword
  • Mengecek posisi keyword di Search Engine Google
  • Cara memilih keyword utama dan keyword tambahan
Pertemuan 5

Peserta/siswa mampu memahami cara membuat artikel SEO agar website mendapat posisi rangking 1 di Google atau teratas.

Indikator :

  • Membuat artikel SEO friendly
  • Struktur artikel berdasarkan SEO
  • Cara riset konten
  • Mencari dan mendatangkan pengunjung atau visitor
  • Format Penulisan konten
Pertemuan 6

Peserta/Siswa mampu memahami penggunaan Digital Marketing menggunakan Google My Business

Indikator :

  • Pengertian Google My Business
  • Mengenal fitur-fitur pada Google My Business
  • Cara mendaftar Bisnis di Google My Business
  • Manfaat menggunakan Google My Business
  • Cara mengelola beberapa lokasi bisnis dengan Google My Business
Pertemuan 7

Peserta/siswa mampu menerapkan Digital Marketing menggunakan Google AdWords

Indikator :

  • Pengenalan Google AdWords
  • Mengenal Fungsi Menu pada Dashboard Google Adwords
  • Mengenal Konsep Dasar Mengenai Iklan
  • Kata Kunci dan Landing Page
  • Istilah-istilah pada Google AdWords
  • Manfaat Memasang iklan di Google AdWords
  • Cara Memasang iklan Google AdWords
Pertemuan 8

Peserta/siswa mampu memahami penerapan Digital Marketing menggunakan Google Adsense yang potensial sebagai sumber income.

Indikator :

  • Cara penulisan konten pada Website
  • Mendaftar Google AdSense
  • Mengenal Fungsi Menu pada Dashboard Google AdSense
  • Mengenal Jenis-jenis Iklan AdSense (Text & Display ads, Native Ads dan Page Level Ads)
  • Membuat dan Mendapatkan kode iklan Adsense
  • Memasang iklan Google Adsense
  • Mengenal istilah pada Adsense (Estimated Earning, CTR, CPC)
  • Cara Kerja Google AdSense
Pertemuan 9

Peserta/siswa mampu menerapakan Digital Marketing menggunakan Instagram sebagai media untuk pemasaran atau promosi.

Indikator :

  • Pengenalan Instagram
  • Cara Instagram dapat membantu dalam promosi
  • Produk apa saja yang dapat di promosikan pada Instagram
  • Cara membuat Instagram
  • Cara posting di Instagram
  • Fitur dan Istilah Instagram
  • Membuat konten menarik di Instagram
Pertemuan 10

Peserta/siswa mampu menerapkan Digital Marketing menggunakan Facebook Ads sebagai media untuk penjualan atau promosi.

Indikator :

  • Pengenalan dan konsep Facebook Ads
  • Pengetahuan dasar aturan main di Facebook Ads
  • Cara Membuat Fanspage
  • Cara Memilih produk yang ingin di pasarkan
  • Membuat Ads Image
  • Membuat post PPE
  • Membuat post CTW
  • Macam-macam campaign di Facebook Ads
  • Struktur Campaign FB Ads
  • Pengenalan Ads Manager
  • Penggunaan Business Manager
  • Metode Pembayaran di Facebook Ads
  • Pemilihan dan penggunaan bahasa Facebook Ads

Silabus Digital Marketing Advanced

Durasi Pembelajaran

Durasi Pembelajaran level Advanced adalah sebanyak 8 x pertemuan, setiap pertemuannya yaitu @120 menit (2 jam). Jika masih membutuhkan bimbingan secara ekslusif bisa mengajukan tambahan paket Animasi level Advanced ke Creative Media dengan cara menghubungi pihak kantor atau langsung datang ke kantor Creative Media.

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.

A. Standar Kompetensi

Peserta/siswa mampu menerapkan keilmuwan Digital Marketing pada tingkat Advanced dengan melakukan optimasi konten yang relevan dengan SEO, melakukan optimasi SEO On Page & SEO Off Page, Internal Link, Optimasi Website, Meningkatkan Traffic dan pengunjung dengan Email Marketing, penggunaan tingkat lanjut pada Google Adwords & Google Adsence serta melakukan optimasi Iklan di Social Media (Instagram & Facebook).

B. Kompetensi Dasar & Indikator

Pertemuan 1

Peserta/Siswa mampu melakukan optimasi konten dengan SEO On Page.

Indikator :

  • Pengertian SEO On Page
  • Meta Tags dan penggunaannya
  • Heading
  • Struktur URL
  • Alt Text Gambar
  • Kecepatan Loading Page
  • Konten Situs Web
  • Internal Link
  • Cara melihat kode Tags SEO pada beberapa browser
  • Membuat File ROBOT.TXT
  • Table Perencanaan Penggunaan Keyword
Pertemuan 2

Peserta/Siswa mampu melakukan optimasi konten dengan SEO Off Page

Indikator :

  • Pengertian SEO Off Page dan Backlink
  • Link Building
  • Backlink Natural
  • Google Page Rank
Pertemuan 3

Peserta/siswa mampu menggunakan Internal Link dan Silo Struktur dalam Optimasi Web

Indikator :

  • Pengertian Internal Link x
  • Manfaat Internal Link
  • Google Analytics
  • Google Search Console
  • Google index
  • Mengenal Silo Struktur
  • Aplikasi Silo Struktur
Pertemuan 4

Peserta/siswa mampu menggunakan Email Marketing untuk meningkatkan traffic atau pengunjung.

Indikator :

  • Cara untuk mendapatkan email pelanggan yang lainnya
  • Menulis email jualan supaya memiliki konversi yang tinggi
  • Mendapatkan traffic atau pengunjung secara terus menerus
  • Cara agar email promosi dibaca oleh semua kontak (Open Rate 100%)
  • Strategi membuat Email Marketing
Pertemuan 5

Peserta/siswa mampu menggunakan Google AdWords untuk meningkatkan iklan pada Google.

Indikator :

  • Mengenal ROI AdWords
  • Cara Meningkatkan ROI dalam iklan AdWords
  • Quality Score dan Faktor mempengaruhinya
  • Cara melihat iklan yang ada di Google AdWords
  • Cara Google AdWords menentukan posisi iklan
Pertemuan 6

Peserta/siswa mampu memahami penggunaan Google AdSense dalam meningkatkan jumlah pengunjung yang datang pada Website sehingga menambahkan jumlah income yang diperoleh.

Indikator :

  • Mengenal Bug Google AdSense
  • Aturan Kebijakan Program AdSense
  • Mengenal Sistem Verifikasi AdSense
  • Mengenal Sistem Pembayaran AdSense
  • Cara Supaya Website di terima Google AdSense
  • Membuat Iklan Melayang Dibawah (Mobile)
  • Meningkatkan CPC Google Adsense
  • Menghindari konten plagiat
Pertemuan 7

Peserta/siswa mampu membuat iklan menggunakan Instagram.

Indikator :

  • Desain konten menggunakan Canva
  • Membuat Desain Iklan Instagram
  • Membuat Iklan Instagram
  • Mendapatkan banyak jumlah Like/Comment di Instagram
  • Menggunakan beberapa tool untuk membuat iklan Instagram
  • Promosi Instagram menggunakan Power Editor
Pertemuan 8

Peserta/siswa mampu membuat iklan menggunakan Facebook.

Indikator :

  • Memasang iklan Facebook Ads
  • Perbedaan Boost Post dan Ads Manager
  • Pengenalan tentang FB Pixel
  • Perbedaan Published dan Unpublished pos
  • Menentukan Target Market
  • Memasang iklan pertama
  • Mempelajari report iklan
  • Promosi Facebook Ads menggunakan Power Editor
  • Konsultasi & Tanya Jawab