Silabus Desain Interior

Silabus Desain Interior

Silabus Desain Interior Basic

Durasi Pembelajaran

Durasi Pembelajaran level Basic adalah sebanyak 10 x pertemuan, setiap pertemuan yaitu @120 menit (2 jam) tergantung daya tangkap Peserta/siswa. Setelah melewati 10 x pertemuan Peserta/siswa ingin belajar lebih dalam (tingkat lanjut) bisa mengambil layanan level Advanced atau Mahir dengan cara menghubungi Creative Media.

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.

A. Standar Kompetensi

Peserta/siswa memiliki pemahaman mengenai tool-tools yang digunakan untuk menggambar Desain Interior, siswa mampu membuat gambar denah sederhana menggunakan AutoCAD, mampu melakukan impor gambar yang telah dibuat menggunakan AutoCAD untuk kemudian di buat Desain Interior 3D menggunakan software Sketchup serta melakukan rendering V-Ray.

B. Kompetensi Dasar & Indikator

Pertemuan 1

Introduction & Pengenalan Desain Interior

Indikator :

  • Introduction Desain Interior
  • Installasi Software Desain Interior
  • Memahami hasil akhir dari kursus dan pelatihan Desain Interior
  • Memahami software yang digunakan untuk Desain Interior sesuai dengan kebutuhan.
  • Memahami konsep perencanaan dalam sebuah Desain Interior
Pertemuan 2

Peserta/siswa mampu mengenal dan memahami Peserta interface beserta tool-tools yang ada di AutoCAD 2D (toolbox, area kerja, standart bar, menu bar,dll)

Indikator :

  • Pengenalan dan pemahaman pembuatan garis/line, jenis2 garis, yang merupakan tool dasar dan fundamental dalam mengambar di AutoCAD 2D.
  • Mengetahui dan mampu melakukan editing garis/line untuk keperluan menggambar melalui command/perintah Trim, Fillet, Offset, Extend, Dst.
  • Memahami sistem koordinat yang ada dan dipakai dalam menggambar di AutoCAD 2D seperti sistem koordinat Polar dan Cartesian.
  • Konfigurasi unit setup yang digunakan dalam ukuran standar dalam menggambar di AutoCAD 2D.
Pertemuan 3

Peserta/siswa mampu membuat denah sederhana beserta editingnya dengan menggunakan perintah Line

Indikator :

  • Penerapan dan Editing menggunakan perintah Line.
  • Membuat object 2D dari perintah yang telah dipelajari sebelumnya di Auto
  • Membuat denah sederhana lanjutan dari membuat object sebelumnya.
  • Pemahaman move, rotate dalam pembuatan denah sederhana
  • Latihan dengan membuat denah sederhana yang telah dicontohkan
Pertemuan 4

Peserta/siswa diperkenalkan cara plotting di AutoCAD untuk keperluan print dengan format pdf/jpg dan juga menyelesaikan pembuatan denah untuk kemudian di nilai sebagai latihan.

Indikator :

  • Memahami step by step mengenai plotting beserta
  • Membuat view gambar yang telah di kerjakan mulai tampak depan, perspektif, shade, maupun skalanya.
  • Penyelesaikan pembuatan denah untuk dinilai sebagai latihan dan tugas.
  • Latihan membuat tampak depan dari denah yang sudah dibuat
Pertemuan 5

Peserta/siswa memahami cara impor denah yang telah dibuat dari AutoCAD kedalam software Sketchup dan mengenal tool-tools yang ada di software.

Indikator :

  • Memahamai step by step impor gambar dari AutoCAD kedalam Sketchup
  • Memahami langkah langkah konfigurasi atau setting gambar hasil import kemudian di buat bidang 3 dimensi didalam Sketchup
  • Memahami fungsi tools-tools (V-Ray, toolbox, area kerja, standart bar, menu bar, dll)
  • Mengenal dan memahami view di Sketchup.
  • Memahami tahapan proses pembuatan object di Sketchup, mulai modelling, texturing, lighting dan rendering object
Pertemuan 6

Peserta/siswa membuat bidang 3 dimensi dari denah yang telah diimport dari AutoCAD kedalam Sketchup.

Indikator :

  • Memahami perintah untuk membuat 3D dari denah yang meliputi: Extrude, Rectangle
  • Mengetahui berbagai macam cara dalam pembuatan objek 3D, misalnya: Line, Moving,
  • Extruding, Make Group, Make Component, Dst.
  • Memahami cara tercepat dalam pembuatan Object 3D menggunakan keyword tertentu menggunakan keyboard
  • Pemahaman dan penerapan modelling furniture yang digunakan pada 3D Interior.
Pertemuan 7

Peserta/siswa mampu memahami penggunaan dan penerapan texturing pada Desain 3D Interior.

Indikator :

  • Penerapan colloring objek menggunakan material maupun import gambar yang diaplikasikan di objek 3D pada ruangan.
  • Mengenal dan mengaplikasikan pengaturan V-Ray untuk mengatur object gambar di objek agar tampak perspektif dan proporsional.
  • Mengetahui tool material editor tempat untuk memberi texture beserta efek2nya di Sketchup atau V-Ray
  • Pembuatan ruang 3D Interior dan furniture menggunakan Sketchup
Pertemuan 8

Peserta/siswa mampu memahami dan membuat atau mengedit component melalui Sketchup atau 3D Warehouse.

Indikator :

  • Memahami kebutuhan furniture dalam sebuah ruangan interior.
  • Mengenal dan mengambil component dari 3D warehouse
  • Mengedit component sesuai dengan kebutuhan Desain Interior
  • Membuat beberapa component/furniture yang cocok untuk ruangan interior
Pertemuan 9

Peserta/siswa mampu memahami penggunaan fungsi lighting pada V-Ray Sketchup.

Indikator :

  • Pemahaman mengenai lighting beserta jenis2 lighting yang dipakai di V-Ray Sketchup.
  • Penerapan atau pengaplikasian lighting sesuai dengan posisi ruang atau objek tertentu.
  • Konfigurasi dan setup lighting dengan sesuai dan kebutuhan
  • Penggunaan camera  untuk  keperluan  pengaturan  view  yang  baik  untuk  keperluan Desain Interior.
Pertemuan 10

Peserta/siswa mampu memahami penggunaan fungsi rendering pada V-Ray Sketchup.

Indikator :

  • PPemahaman fungsi rendering V-Ray yang ada di Sketchup.
  • Penerapan dan konfigurasi rendering V-Ray menggunakan V-Ray Sketchup.
  • Mampu melakukan rendering dengan baik sehingga menghasilkan kualitas Desain Interior yang baik sesuai dengan yang di inginkan.
  • Siswa mengumpulkan Tugas Akhir Desain Interior.

Silabus Desain Interior Advanced

Durasi Pembelajaran

Durasi Pembelajaran level Advanced adalah sebanyak 8 x pertemuan, setiap pertemuannya yaitu @120 menit (2 jam). Jika masih membutuhkan bimbingan secara ekslusif bisa mengajukan tambahan paket Animasi level Advanced ke Creative Media dengan cara menghubungi pihak kantor atau langsung datang ke kantor Creative Media.

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.

A. Standar Kompetensi

Peserta/siswa memiliki pemahaman mengenai profesi Desainer Interior secara Profesional, mampu menciptakan atau membuat konsep Desain interor sesuai dengan kebutuhan market saat ini. Mampu mempresentasikan Desain Interior yang sudah dibuat serta mempunyai mental sebagai Desainer Interior Profesional.

B. Kompetensi Dasar & Indikator

Pertemuan 1

Introduction & Pengenalan Desain Interior tingkat Profesional

Indikator :

  • Diskusi dengan siswa mengenai motivasi kursus dan pelatihan.
  • Pemahaman mengenai profesi Desainer Interior
  • Daftar dan skala prioritas keahlian dalam bidang Desain Interior yang butuh dikuasai oleh siswa.
  • Pemahaman mengenai kebutuhan software Desain Interior di industri kreatif.
  • Pemahaman Peserta interface software Desain Interior secara keseluruhan.
Pertemuan 2

Peserta/siswa mampu memahami Desainer Interior untuk tingkat Profesional.

Indikator :

  • Memahami hubungan antara manusia dan ruang
  • Memahami komposisi bentuk dan warna
  • Memahami material dalam Desain Interior
  • Memahami hubungan estetika dan fungsi
  • Memahami dan menuangkan konsep Desain Interior
Pertemuan 3

Peserta/siswa mampu mengoperasikan software Desain Interior secara terstruktur untuk kebutuhan presentasi sederhana dan persiapan 3D rendering.

Indikator :

  • Mampu membuat layering
  • Mampu membuat grouping
  • Mampu membuat camera preview setting
  • Mampu membuat objek yang detail
  • Mampu menghasilkan kualitas rendering yang baik & profesional
Pertemuan 4

Peserta/siswa mampu membuat Desain ruang / bangunan tampak depan, samping dari denah dan plotting gambar serta merancang ruang secara Profesional.

Indikator :

  • Penerapan view / tampilan tampak bangunan dari denah yang telah dibuat.
  • Penggunaan tampak bangunan menggunakan construction line dan line
  • Konfigurasi plot/print/skala gambar
  • Pemahaman perancangan furniture tingkat Profesional
  • Penerapan perancangan ruang interior tingkat Profesional
  • Mampu mempresentasikan Desain dengan baik dan terstuktur
  • Mampu menatakan dan menyesuaikan letak furniture dalam ruangan dengan baik
Pertemuan 5

Peserta/siswa mampu menerapkan texture (material editor) serta melakukan observasi yaitu latihan deadline and budgeting.

Indikator :

  • Penerapan tools untuk memberi texture di 3Ds Max (material editor).
  • Mengaplikasikan texture dari material editor ke objek modelling.
  • Mengetahui tool untuk mengatur gambar di objek agar proporsi.
  • Pemberian efek di material sesuai keadaan riil di dunia nyata (Reflection, Emissive, dll).
  • Mampu memberikan kinerja Desainer dengan cepat
  • Mampu membuat draf budgeting.
Pertemuan 6

Siswa/Peserta mampu menerapkan Lighting dan Rendering tingkat Advanced pada ruang 3D Interior

Indikator :

  • Mengetahui jenis-jenis lampu yang ada di V-Ray Sketchup.
  • Pengaplikasian lighting ke objek berdasarkan jenis lighting dan objek.
  • Memahami perbedaan lampu Indoor dan Outdoor
  • Pemahaman kualiatas render yang baik
  • Memahami dalam membuat animasi ruangan
  • Mampu melakukan pergerakan animasi dengan baik dan berkualitas
Pertemuan 7

Peserta/siswa mampu merancangan ruang dengan fungsi yang rumit dan persiapan mental sebagai Desainer profesional

Indikator :

  • Mampu membuat programming untuk sebuah perancangan Desain 3D Interior.
  • Membuat Desain 3D Interior secara profesional dengan memanfaatkan teknik-teknik yang didapat sebelumnya menggunakan software Sketchup.
  • Aktif bertanya untuk kebutuhan perancangan dan mengusulkan ide kepada client (pada
Pertemuan 8

Peserta/siswa memiliki mental dan bekal teknis untuk menjadi Desainer Interior Profesional

Indikator :

  • Mampu menjelaskan konsep Desain Interior yang sudah dibuat
  • Mampu mempertahankan konsep Desain Interior yang sudah dibuat dengan argumentasi yang baik dan dapat diterima oleh klien
  • Mampu meyakinkan tentor bahwa Desainnya sudah layak untuk di publish
  • Siswa mengumpulkan Tugas Akhir Desain Interior.