Silabus Desain Grafis Basic
Durasi Pembelajaran
Durasi Pembelajaran level Basic adalah sebanyak 10 x pertemuan, setiap pertemuan yaitu @120 menit (2 jam) tergantung daya tangkap Peserta/siswa. Setelah melewati 10 x pertemuan Peserta/siswa ingin belajar lebih dalam (tingkat lanjut) bisa mengambil layanan level Advanced atau Mahir dengan cara menghubungi Creative Media.
Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.
A. Standar Kompetensi
Peserta/siswa memiliki pemahaman mengenai Desain Grafis meliputi layouting (tata letak), tipografi serta membangun rancangan desain karya visual untuk berbagai kebutuhan dalam Industri Kreatif khususnya di bidang Desain Komunikasi Visual (DKV).
B. Kompetensi Dasar & Indikator
Pertemuan 1
Introduction Desain Grafis & software Corel Draw
Indikator :
- Instalasi software Adobe Photoshop & Corel Draw
- Memahami sejarah singkat & cabang-cabang desain grafis.
- Memahami persamaan & perbedaan Corel Draw & Adobe Phostoshop serta contoh aplikasinya.
- Dapat membuat project baru, mengatur resolusi dan format gambar, serta menyimpan project di Corel Draw.
- Memahami fungsi open, save, save as, export dokumen
- Mengenal Interface & tools Corel Draw.
- Memahami page setup, insert page & edit page.
- Mampu menggunakan type tools, shape tools, painting tools, dan transform object
- Memahami ordering object pada object panel
- Merancang desain sederhana dengan obyek dan warna tertentu.
Pertemuan 2
Peserta/Siswa mampu membuat flat design sederhana/karakter kartun.
Indikator :
- Mampu menggunakan tools : pen, 2poin, dan bezier
- Mampu menggunakan shape tool untuk edit node
- Memahami teknik pathfinder
- Memahami tools : smart fill tool
- Mampu membuat flat design sederhana / karakter kartun (mencari referensi dari internet)
Pertemuan 3
Peserta/siswa mampu merancang sebuah desain logo sederhana dengan objek dan teknik tertentu.
Indikator :
- Memahami berbagai perpaduan warna berdasarkan lingkaran warna.
- Mampu membuat color palletes
- Mampu menggunakan tools: counter, blend, distort.
- Mampu mengkreasikan text dengan envelope tools & teknik text to path.
- Mampu membuat 2 contoh logo yang disediakan pengajar.
- Mampu membuat konsep & kreasi logo sendiri.
Pertemuan 4
Peserta/siswa mampu merancang sebuah Business Card design dengan objek & teknik tertentu.
Indikator :
- Memahami jenis-jenis font
- Mampu memilih jenis font yang memenuhi legibility
- Mampu memahami & membuat margin yang diperlukan untuk sebuah desain.
- Memahami teknik powerclip
- Mempersiapkan ukuran & margin real Business Card design.
- Mampu membuat Business Card design
Pertemuan 5
Peserta/siswa mampu membuat sebuah karya desain (Brochure / Flyer / Invitation, etc Design).
Indikator :
- Memahami point of interest & jenis-jenis layout pada suatu karya desain.
- Mempersiapkan ukuran real & margin dari karya desain.
- Membuat atau mengumpulkan element dan konten desain yang akan digunakan (bisa diambil dari reference atau internet)
Pertemuan 6
Pengenalan interface & layer panel pada Adobe Photoshop.
Indikator :
- Memahami fungsi new page, resolution, pixel, save & save as (format)
- Memahami interface Adobe Photoshop
- Memahami menu new, rename, delete, duplicate, opacity, fill & grup pada layer panel.
- Mampu menggunakan shape tools, type tool, & transform.
- Mampu menggunakan painting tools : paint bucket, gradient, & brush.
- Memahami fungsi blending mode pada layer panel
Pertemuan 7
Peserta/siswa mampu memanipulasi image/foto dengan teknik tertentu (digital imaging).
Indikator :
- Memahami menu open image/foto.
- Mampu membuat & memahami fungsi Adjustment Layer pada layer panel.
- Mampu memhami tools seleksi : marquee tools, lasso tools, magic wand tools, dll
- Mampu memahami fungsi Add Layer Mask pada layer panel.
- Memahami fungsi Eraser Background pada image/foto.
- Mampu membuat sebuah karya digital imaging
Pertemuan 8
Peserta/siswa mampu merancang kreasi Tipografi sebagai point of interest dengan obyek dan teknik tertentu.
Indikator :
- Mampu memahami & menggunakan menu layer style pada layer panel pada image & text.
- Mampu memahami & menggunakan menu convert to shape untuk kreasi text
- Mampu berkreasi dengan teknik masking layer image/foto ke dalam text.
- Mengkreasikan teks untuk contoh sebuah karya typografi yang elegan
Pertemuan 9
Peserta/siswa mampu menggunakan fungsi layer pada photoshop untuk membuat ilustrasi & penerapan Animasi sederhana.
Indikator :
- Memahami fungsi pen tool & direct selection tools untuk edit node.
- Mampu memberi karakter dan shading dari obyek yang digambar dengan brush tools
- Mampu membuat beberapa layer gambar yang akan dianimasikan.
- Mampu membuat animasi sederhana
Pertemuan 10
Peserta/siswa mampu membuat Karya Visual yang layak di publikasikan untuk kebutuhan perusahaan (Logo, Brosur, Flyer, Banner, Etc) secara Profesional.
Indikator :
- Menyiapkan bahan untuk pembuatan desain
- Merancang konsep dan mencari kelemahan dari desain yang dirancang
- Merancang desain dengan konsep yang sudah disiapkan
- Memberikan hasil yang Menarik, Simple, Proporsional, Elegan dan Layak Publish
- Karya Desain mampu menyampaikan pesan secara visual sesuai dengan goal yang akan dicapai.
Silabus Desain Grafis Advanced
Durasi Pembelajaran
Durasi Pembelajaran level Advanced adalah sebanyak 8 x pertemuan, setiap pertemuannya yaitu @120 menit (2 jam). Jika masih membutuhkan bimbingan secara ekslusif bisa mengajukan tambahan paket Animasi level Advanced ke Creative Media dengan cara menghubungi pihak kantor atau langsung datang ke kantor Creative Media.
Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.
A. Standar Kompetensi
Peserta/siswa memiliki pemahaman dan kemampuan sebagai seorang Desainer Grafis Profesional. Pemahaman yang baik dan benar tentang keilmuwan Desain Komunikasi Visual pada tingkat Profesional serta mampu menguasai software Desain Grafis CorelDRAW dan Adobe Photoshop secara Profesional.
B. Kompetensi Dasar & Indikator
Pertemuan 1
Peserta/siswa mampu menganalisa desain tentang isi atau konten, pesan, dan sasarannya yang akan di capai.
Indikator :
- Mampu membaca desain yang berkaitan dengan isi dan tujuan
- Mampu menganalisa letak desain pesan dam membaca setiap peran obyek desain
- Mampu menemukan titik sasaran desain sesuai obyek desain
Pertemuan 2
Peserta/siswa mampu membuat vector dan vexel (trace) dari gambar yang sudah ada atau merancang sendiri sesuai dengan imajinasi.
Indikator :
- Mampu menggunakan dan memahami fungsi tool trace image
- Mampu menggunakan pen tool untuk kebutuhan desain berbasis Vector
- Mampu merancang logo secara profesional atau obyek yang diinginkan yang berbasis Vector
Pertemuan 3
Peserta/siswa mampu mengeksekusi desain yang mampu tampil dan siap edar dengan software CorelDRAW
Indikator :
- Merancang konsep kebutuhan desain yang diperlukan
- Menyiapkan bahan-bahan dasar kebutuhan desain
Pertemuan 4
Peserta/siswa mampu memahami teknik Photografi dengan tool-tool dan fitur yang ada di Adobe Photoshop
Indikator :
- Mampu memahami fitur Adjusment & Contract , Color Balance, dll
- Mampu menguasai dalam melakukan manipulasi object menggunakan Layer
- Mampu memahami fitur atau Plug in untuk kebutuhan Photografi
Pertemuan 5
Peserta/siswa mampu merancang desain untuk kebutuhan Website, Timeline dan kebutuhan lainnya untuk format Digital
Indikator :
- Menganalisa kebutuhan dan sasaran desain sesuai yang di harapkan
- Menyiapkan bahan, font, konsep dan karakter desain yang akan di buat
- Mampu merancang desain sesuai konsep yang diinginkan dengan hasil yang baik dan Profesional
Pertemuan 6
latihan yaitu merancang desain logo untuk perusahaan yang sedang berkembang
Indikator :
- Menyiapkan konsep Desain logo yang akan di buat
- Menyiapkan Filosofi, Bahan, Font, Gambar dari perusahaan tertentu
- Merancang desain sesuai dengan konsep yang sudah di
- Mampu membuat Halaman approval logo / desain lainnya untuk kebutuhan presentasi
- Mampu melakukan presentasi desain Logo yang telah dibuat kepada Client (perusahaan), menjelaskan konsep, maksud dan tujuan logo tersebut
Pertemuan 7
Peserta/siswa mampu mendesain ulang rancangan yang sudah ada, recovery, redesign (desain yang sudah ada).
Indikator :
- Mampu menganalisa / mencari titik kelemahan desain yang sudah ada
- Menyiapkan konsep, titik keunggulan untuk memperbaiki desain yang sudah ada
- Mampu mengemas ulang dan menjadi nilai plus dari desain yang sudah ada dengan style desain kita sendiri.
Pertemuan 8
Peserta/siswa mampu bersaing dalam menciptakan karya visual Desain Grafis pada lomba-lomba atau kontes desain Kelas Internasional.
Indikator :
- Mencari kelemahan Desain dari kompetitor / pesaing.
- Mengkonsep keunggulan desain yang dilombakan dengan tema yang unik sesuai dengan brief yang diberikan oleh Client.
- Mampu menggabungkan dua konsep desain yang berbeda menjadi satu elemen desain yang harmonis.
- Mampu bersaing dengan competitor negara lain dengan menunjukkan hasil karya desain yang sudah di buat dengan style atau gaya desain yang baru.