Silabus Animasi Basic (2D)

Silabus Animasi Basic (2D)

Durasi Pembelajaran

Durasi Pembelajaran level Basic adalah sebanyak 10 x pertemuan, setiap pertemuan yaitu @120 menit (2 jam) tergantung daya tangkap Peserta/siswa. Setelah melewati 10 x pertemuan Peserta/siswa ingin belajar lebih dalam (tingkat lanjut) bisa mengambil layanan level Advanced atau Mahir dengan cara menghubungi Creative Media.

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.

A. Standar Kompetensi

User/siswa memiliki pengalaman tentang cara membuat animasi 2D menggunakan software adobe flash sesuai dengan modul-modul yang sudah ada. Siswa mampu membuat aplikasi berbentuk animasi 2D yang digunakan dalam membuat aplikasi sederhana misal presentasi, media pembelajaran atau permainan.

B. Kompetensi Dasar & Indikator

Pertemuan 1

Introduction, installasi software animasi 2D.

Indikator :

  • Pengenalan Animasi
  • Pengenalan prinsip-prinsip Animasi
  • Pengenalan jenis Animasi
  • Installasi software Adobe Flash
Pertemuan 2
  1. Peserta/Siswa mampu memahami user interface Adobe Flash.

Indikator :

  • Mengenal tool-tool Adobe Flash
  • Memahami fungsi masing-masing tools Adobe Flash
  • Memahami jendela kerja Adobe Flash
  • Memahami area kerja Adobe Flash
  • Memahami document properties Adobe Flash
Pertemuan 3

Peserta/siswa mampu menggambar bentuk dasar, pewarnaan dan impor gambar menggunakan Adobe Flash

Indikator :

  • Menggambar bentuk bentu dasar Adobe Flash
  • Menggambar shape dasar dengan rectangle tool, oval tool dan polygon tool
  • Menggmbar object berasal dari pen tool, pencil tool dan line tool.
  • Mewarnai object dasar Adobe Flash.
  • Memahami document propertoies Adobe Flash.
Pertemuan 4

Peserta/siswa mampu membuat object Animasi bergerak dengan motion tween dan shape tween menggunakan Adobe Flash

Indikator :

  • Mengetahui timeline dan frame sebagai dasar pergerakan Animasi
  • Mengetahui frame, insert frame, insert keyframe dan insert blank frame pada Adobe Flash
  • Membuat Animasi bergerak melalui perpindahan frame
  • Membuat Animasi bergerak dengan motion tween
  • Membuat Animasi membesar dan mengecil dengan transformation
  • Membuat Animasi berubah bentuk dari frame awal ke frame selanjutnya
  • Membuat Animasi teks bergerak dan berubah warna
  • Menkonvert teks menjadi bentuk vector
Pertemuan 5

Peserta/siswa mampu membuat Animasi dengan masking dan path (guideline) menggunakan Adobe Flash

Indikator :

  • Membuat Animasi dengan teknik masking
  • Membuat Animasi dengan mengikuti alur garis (guideline)
  • Mengkonvert simbol menjadi movie clip dan graphic
  • Penggabungan antara object dan alur garis (guideline)
Pertemuan 6

Peserta/siswa mampu menambah audio serta mengekspor audio menggunakan Adobe Flash

Indikator :

  • Mengimpor file audio ke dalam Animasi
  • Memasukkan file audio pada file Animasi
  • Mengatur bagiian audio yang akan dimasukkan ke dalam file Animasi
  • Melakukan editing audio dalam file animasi
Pertemuan 7

Peserta/Siswa mampu membuat tombol kontrol (play dan stop) dengan action script 2.0 pada animasi menggunakan Adobe Flash

Indikator :

  • Membuat tombol button untuk control play dan stop Animasi
  • Memberikan action script 2.0 dasar pada tombol button
  • Membuat tombol untuk menggerakan Animasi Adobe Flash
  • Memahami bahasa program Action Script 2.0 yang digunakan dalam Adobe Flash
Pertemuan 8

Peserta/siswa mampu mempublish dan mengekspor file flash ke format lain (file swf dan exe)

Indikator :

  • Mengetahui cara save dan format file Animasi
  • Mempublish file animasi flash ke berbagai format lain
  • Mengekspor image dan movie file animasi flash ke format lain
  • Mengenal format setting dan animasi
Pertemuan 9

Peserta/siswa mampu membuat story board animasi dalam pembuatan media interaktif.

Indikator :

  • Mempersiapkan rancangan story board Animasi media interaktif
  • Membuat konsep Animasi yang sesuai dengan kebutuhan media interaktif
  • Mampu memilih animasi media interaktif yang sesuai dengan kebutuhan
  • Menyiapkan bahan untuk animasi media interaktif
Pertemuan 10

Peserta/siswa mampu membuat karya Animasi berupa media interaktif yang layak dipublikasikan untuk kebutuhan presentasi, company profile atau media pembelajaran.

Indikator :

  • Review pembelajaran
  • Penyusunan konsep animasi yang digunakan dalam media interaktif
  • Mengeksekusi rancangan story board animas ke dalam media interaktif
  • Pengumpulan tugas akhir siswa

Silabus Animasi Basic 3D Advance

Durasi Pembelajaran

Durasi Pembelajaran level Advanced adalah sebanyak 8 x pertemuan, setiap pertemuannya yaitu @120 menit (2 jam). Jika masih membutuhkan bimbingan secara ekslusif bisa mengajukan tambahan paket Animasi level Advanced ke Creative Media dengan cara menghubungi pihak kantor atau langsung datang ke kantor Creative Media.

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator.

A. Standar Kompetensi

User/siswa memiliki pengalaman tentang cara membuat animasi 3D menggunakan software Blender sesuai dengan modul-modul yang sudah ada. Siswa mampu membuat aplikasi berbentuk animasi 3D yang interaktif.

B. Kompetensi Dasar & Indikator

Pertemuan 1

Introduction, installasi software animasi 3D

Indikator :

  • Pengenalan Animasi
  • Pengenalan prinsip-prinsip Animasi
  • Pengenalan jenis Animasi
Pertemuan 2

Peserta/Siswa mampu memahami konsep pembuatan animasi

Indikator :

  • Pengenalan proses produksi traditional animation, menggunakan alat tulis, flip book dan camera / smartphone
  • Pengenalan manajemen file dalam produksi animasi
Pertemuan 3

Peserta/siswa mampu menggambar bentuk dasar, pewarnaan dan impor gambar menggunakan Adobe Flash

Indikator :

  • Mengenal tool-tool Blender
  • Memahami fungsi masing-masing tools Blender
  • Memahami fungsi frames, keyframes dan in-between dalam animasi
  • Membuat animasi sederhana berdasarkan tools yang sudah dijelaskan
Pertemuan 4

Peserta/siswa mampu memahami prinsip animasi dalam produksi (1).

Indikator :

  1. Memahami prinsip-prinsip animasi:
  • Ease in-out
  • Straight ahead-pose 2 pose
  • Timing
  • Arcs
  • Follow thru – overlapping action
  • Squash & stretch
Pertemuan 5

Peserta/siswa mampu memahami prinsip animasi dalam produksi (2)

Indikator :

  1. Memahami prinsip-prinsip animasi:
  • Anticipation
  • Secondary action
  • Exaggeration
  • Staging
  • Solid drawing
  • appeal

2. Penerapan prinsip animasi dalam produksi animasi.

Pertemuan 6

Peserta/siswa mampu memahami animasi objek dengan karakteristiknya

Indikator :

  1. Latihan penerapan materi yang sudah disampaikan sebelumnya
  2. Membuat animasi Bouncing Ball dengan perbedaan karakteristik:
  • Balon
  • Bola Tenis
  • Bola Bowling, dll.
Pertemuan 7

Peserta/Siswa mampu memahami prinsip dasar animasi, weight dan contact

Indikator :

  • Latihan penerapan materi yang sudah disampaikan sebelumnya
  • Membuat animasi berbagai macam jenis bola (balon, bola tenis, bola bowling, dll.) yang melakukan contact
Pertemuan 8

Peserta/siswa mampu memahami prinsip dasar animasi dengan menggunakan karakter

Indikator :

  • Membuat animasi dengan karakter squirrel ball
  • Membuat animasi squirrel ball dengan pendulum
  • Penyusunan konsep tugas akhir siswa
  • Pembuatan tugas akhir
  • Pengumpulan tugas akhir siswa