Perkembangan HTML untuk Pemrograman Web dari versi pertama hingga sekarang

Pemprograman Web

kursus pemprograman web terbaik di surabaya

Kursus Pemrograman Web Terbaik di Surabaya – Creative Media.

Dalam kursus Pemrograman Web anda nantinya akan familiar tentang Pemrograman Web menggunakan HTML. HTML (HyperText Markup Language) terus berkembang, Pernahkan anda membuka situs google.com atau yahoo.com atau website-website lainnya ? Pada website tersebut seringkali kita temukan gambar atau tulisan, pertanyaannya apakah pernah terlintas dibenak anda, Bagaimana semua itu bisa tersusun dengan proporsional dan terstruktur, sehingga menjadi informatif untuk kita nikmati.

Pertanyaannya sederhana, Bagaimana cara membuatnya?

Anda akan diajarkan bagaimana cara membuatnya yaitu pada Kursus Pemrograman Web, Semua itu ada dan tersusun tidak lain karena sebuah bahasa pemprograman, salah satunya adalah menggunakan bahasa pemrograman HTML (HypertText Markup Language). Coba anda buka salah satu situs kesukaan anda, kemudian setelah situs tersebut sudah terbuka anda tekan CTRL + U maka secara tidak lansung anda akan menampilkan sekumpulan huruf-huruf yang di dalamnya terdapat tanda “<” dan “>”. Kumpulan kode dan huruf seperti itulah yang kita sebut sebagai HTML (HypertText Markup Language. Dalam Kursus Pemrograman Web Basic hingga Advanced anda akan diajarkan, bagaimana cara membuat Website Dinamis yang terstruktur seperti yang kami maksud diatas menggunakan bahasa Pemrograman Web yaitu HTML (HypertText Markup Language), PHP, MySQL  dan lain sebagainya.

HTML (HypertText Markup Language) bukan bahasa biasa yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, melainkan sebuah bahasa Pemprograman Web tingkat tinggi. Orang-orang yang berkecimpung di dunia Pemrograman Web pasti tidak asing dengan bahasa Pemrograman Web tersebut (HTML), khususnya yang sudah memiliki Website atau Blog. Bahasa Pemrograman Web HTML adalah bahasa yang  harus dimengerti terlebih dahulu oleh para Programming Web. Alasan dasar HTML harus dipelajari adalah untuk editing serta kostumisasi sebuah Website atau Blog milik anda. Selain itu HTML adalah bahasa Pemprograman Web tingkat dasar dan mengingat banyaknya bahasa yang dimasukkan kedalam bahasa HTML.

Pada Tahun 1980 IBM (International Business Machines) membuat konsep untuk meletakkan beberapa point, dimana point-point bahasa Pemrograman Web atau HTML tersebut menandai bagian-bagian dari sebuah dokumen seperti bagian judul, bagian alamat, bagian isi dokumen. Poin-point itu juga adalah sebuah program untuk melakukan pemformatan dokumen secara mudah. IBM memberikan nama Generalized Markup Language (GML) pada Bahasa Pemprograman yang bertugas untuk hal itu. Sedangkan pada Tahun 1986 konsep ini disetujui oleh pihak ISO (International Standart Organization) sebagai standart dalam pembuatan suatu dokumen. Pada waktu keluarnya ISO 8879, ISO menamai GML (Generalized Markup Language) ini menjadi SGML (Standart Generalize Markup Language).

HTML pada Versi 1.0

Pemrograman Web pada HTML versi 1.0. memiliki kemampuan yakni menampilkan Heading, Paragraph, Hypertext, List, cetak tebal, dan miring pada penulisan teks. Versi ini hanya mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa membolehkan teks berada disekeliling gambar (wrap text;top or bottom).

HTML pada Versi 2.0

Pemrograman Web pada HTML versi 2.0. ini terdapat penambahan kualitas TML yang ada pada kemampuan menampilkan sebuah form di dokumen. Adanya form ini memudahkan kita dalam memasukkan nama, alamat, serta saran atau kritik. Dan mulai dari versi ini HTML menjadi pioneer dalam perkembangan homepage interaktiv.

HTML pada Versi 3.0

Pemrograman Web pada HTML versi 3.0. ini ada penambahan beberapa fasilitas baru misalnya adanya tabel. Versi ini disebut juga HTML+,  tetapi tidak tertahan lama dan segera digantikan dengan HTML  versi  3.2. (18/12/1997).

HTML pada Versi 4.0

Pemrograman Web pada HTML versi 4.0. ini memiliki banyak perubahan serta revisi dari HTML versi sebelumnya. Hampir semua perintah-perintah HTML meliputi Table, Image, Text, Link, Form, Imagemaps, Meta dan lainnya. Setelah itu pada tanggal 24 April 1998 lahirlah HTML versi 4.01 yang dikeluarkan oleh W3C secara resmi. Pada tahun 1999 versi HTML 4.01 menjadi standart HTML, versi ini merupakan revisi dari versi sebelumnya yaitu HTML versi 4.0 (18 Desember 1997). HTML versi ini (HTML 4.01) masih menjadi standart resmi hingga sekarang ini.

HTML pada Versi 5.0  (HTML 5)

Pemrograman Web pada HTML versi 5.0 versi ini adalah perkembangan HTML generasi saat ini. Dan mungkin akan terus berkembang searah mengikuti perkembangan zaman. Versi ini juga merupakan generasi terakhir. Beberapa fitur baru yang berada pada versi 5 ini antara lain :

  • Fitur canvas memungkinkan kita untuk menggambar.
  • Fitur Video dan Audio sebagai media player untuk memutar video atau musik.
  • Elemen-element baru seperti, artikel, header, footer , dan navigasi.
  • Fitur Dukungan yang lebih baik guna penyimpana secara offline local.
  • Fitur Control dalam bentuk baru, meliputi ; kalender, waktu, email, search, URL

Akan tetapi sampai saat ini HTML versi ini belum menjadi standart resmi. Banyak browser juga yang belum support terhadap HTML 5. HTML versi ini (HTML 5) mungkin akan menjadi standart baru untuk HTLM dan XHTML.

Jika anda ingin menguasai Pemrograman Web khususnya HTML dari Basic hingga Advanced, anda harus mengambil bidang studi Kursus Pemrograman Web atau Programming Web di Creative Media. Disini anda akan dibimbing langsung oleh Tentor yang Profesional dan berpengalaman di bidangnya. Mungkin hanya sampai itu dulu yang bisa kami ulas tentang perihal perkembangan HTML dari versi pertama hinggga HTML versi sekarang.

2 thoughts on “Perkembangan HTML untuk Pemrograman Web dari versi pertama hingga sekarang

  • Ditunjukan bahwa HTML pertamakali ditemukan pada tahun 1990 sedangkan untuk Website sendiri ditemukan dua tahun sesudahnya yaitu 1992. apa yang terjadi selama rentang dua tahun tersebut ?

    • dalam perkembangan website dan internet, HTML adalah bahasa markah yg di gunakan dalam website yg di gunakan sampai saat ini , seperti java dan saat ini ada java android dan berkembang trus menerus

Leave a Reply

Your email address will not be published.