Desa Bilaporah menjadi lokus program Desa Cerdas di Kabupaten Bangkalan. Desa ini tengah menggalakkan upaya untuk memajukan produk unggulannya. Sebagai desa yang memiliki potensi dalam menghasilkan produk unggulan, diperlukan branding serta digitalisasi dalam pemasarannya agar produk lebih dikenal secara luas. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan menerapkan digital marketing.
Digital marketing menjadi tonggak penting bagi para pelaku usaha dalam memaksimalkan penjualan. Dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial, mereka dapat menjangkau calon konsumen dengan lebih luas sehingga mempercepat pertumbuhan bisnis.
Baca artikel lainnya: Pelatihan Digital Marketing Social Media (Tiktok) dan Google Ads – Fakultas Teknologi Kelautan ITS
Sejalan dengan visi ini, pada tanggal 13 Mei 2024 diselenggarakan pelatihan digital marketing bersama Creative Media di balai kota Desa Bilaporah Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Acara ini dibuka oleh Bapak Ali Yusri Purwanto, selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bangkalan.
Peserta diberikan materi mulai dari konsep dasar digital marketing hingga strategi pemaksimalan penggunaan platform seperti Instagram dan TikTok bisnis. Harapannya, peserta mampu mengoptimalkan keberadaan mereka di media sosial untuk meningkatkan visibilitas produk-produk desa.
Creative Media, sebagai mitra dalam kegiatan ini siap memberikan wawasan serta pengalaman praktik terkait digital marketing kepada pelaku usaha lokal, siswa, dan mahasiswa. Peserta diarahkan untuk memahami potensi dan strategi yang tepat dalam memanfaatkan platform digital untuk keberhasilan bisnis mereka. Melalui pelatihan digital marketing ini diharapkan produk-produk unggulan Desa Bilaporah dapat dikenal lebih luas, bahkan hingga tingkat nasional maupun internasional.