Komposisi Rules of Third : Teknik Dasar Fotografi

penjelasan-singkat-tentang-senjata-para-fotografer-fotografi-dan-kamera

Kursus Fotografi “Komposisi Rules of Third”

Dalam Kursus Fotografi, pasti Anda pernah mendengar istilah Rule Of Third. Apa itu Komposisi rules of third? Dan Apa fungsinya?, Bagi orang-orang yang bergelut di bidang Fotografi pasti tidak asing mendengar istilah tersebut. Komposisi rule of third adalah salah satu prinsip komposisi Fotografi yang paling dikenal dan paling populer bagi mayoritas para penggemar potret memotret. Salah satu tujuannya adalah agar foto lebih enak dilihat oleh mata. Tentunya ini adalah hal menarik bagi Anda yang baru Belajar Fotografi atau Kursus Fotografi di Surabaya.

Aturan-aturan ini menjadi pondasi dan acuan bagi keseimbangan elemen-elemen yang ada di sebuah foto, yang nantinya foto tersebut diharapkan menjadi benar-benar terlihat proporsional serta enak dilihat. Jadi dalam Kursus Fotografi itu adalah teknik terpenting yang perlu kita kuasai saat proses belajar Kursus Fotografi di Surabaya

Rules of thirds adalah salah satu dari sebagian prinsip-prinsip komposisi dalam Fotografi yang terpenting. Akan tetapi tiap-tiap prinsip komposisi tersebut tidak wajib diketahui dan dipelajari, namun hanya wajib jika kita (para fotografer) yang ingin berkembang dan lebih kreatif dalam dunia Fotografi. Seringkali orang bilang “Untuk bisa mahir dan mumpuni harus tahu dulu aturannya”. Yah itu benar aturan dan teknik akan Anda jumpai saat Anda Kursus Fotografi di Surabaya bersama tim Creative kami.

Apa sih sebenarnya / detailnya Komposisi rules of third?

Komposisi rules of third yakni sebuah metode membagi bidang sebuah foto menjadi tiga bagian yang sama besar, baik secara vertikal maupun horizontal. Dengan begitu bidang foto menjadi 9 potongan kotak yang presisi, seperti terlihat di bawah ini.

1_rule-of-thirds_divisionTitik Biru (titik perpotongan) yang berwarna biru diatas bisa kita sebut sebagai empat titik mata. Di dalam teori Kursus Fotografi di Surabaya yaitu komposisi rules of third menjelaskan bahwa jika kita menempatkan point yang menarik “point of interest” dari sebuah foto di salah satu titik mata tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih balance serta enak dilihat. Siapa sech yang tidak mau fotonya di puji oleh rekan-rekan yang melihat foto kita. Nah untuk itu kami menyarankan bagi Anda yang ingin Kursus Fotografi di Surabaya, bergabung dengan kami, Tentor kami akan membimbing Anda sampai bisa.

Akan tetapi tidak harus keempat titik tersebut diisi secara bersamaan, cukup salah satu saja. Element point of interest tersebut bisa berupa obyek foto manusia, hewan, ataupun benda mati. Secara tidak sadar menurut Ilmu Desain Grafis dijelaskan bahwa saat kita (manusia) melihat sebuah gambar, mata kita secara natural tertuju pada salah satu titik mata diatas dibandingkan melihat pada pusat titik tengah foto.

Sehingga foto yang disusun atau menerapkan komposisi rules of third lebih enak dilihat mata karena sejalan dengan cara mata kita melihatnya.

Frosch laubfrosch grün schön

Lalu, Bagaimana kita menerapkan komposisi rules of third dalam sebuah foto?

Dalam mempelajari aturan dari komposisi rules of third, ada tiga point penting yang harus selalu kita ingat dan pertanyakan sebelum jari Anda memencet tombol shutter :

  • Bagian manakah yang akan kita jadikan pelaku utama yang paling menarik dalam foto kita? “Bagian point of interest”?
  • Kemudian kita bagi foto dalam metode view finder menjadi beberapa persimpangan seperti gambar kotak-kotak di atas.
  • Lalu dititik sebelah manakah point of interest yang kita inginkan!

Demikian sekelumit bahasan kami tentang salah satu metode dasar untuk menjadi Belajar Fotografi atau bagi Anda yang ingin Kursus Fotografi dari Basic hingga Andvanced. Semoga dapat membantu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.