Creative Media Manjadi Narasumber Dalam Kegiatan Workshop UMKM Naik Kelas bersama Diskoperindag Kab. Tuban  

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Kecil & Menengah dan Perdagangan mempunyai peran sangat penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi terutama di usaha kecil dan menengah dilingkup pemerintahan daerah. Workshop UMKM Naik Kelas ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil & Menengah dan Perdagangan Kab. Tuban yaitu Drs. Agus Wijaya M.Ap. Workshop UMKM Naik Kelas ini menghadirkan 2 Narasumber dari BPJS Kesehatan & Creative Media Surabaya.

Usaha mikro diartikan sebagai usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria usaha mikro. Berdasarkan perkembangannya, usaha mikro diklasifikan menjadi dua, yaitu: Livelihood, yakni usaha mikro yang sifatnya untuk mencari nafkah semata. Jenis usaha mikro yang satu ini dikenal luas sebagai sektor informal, contohnya adalah pedagang kaki lima. Yang kedua yaitu Mikro, yakni usaha mikro yang sudah cukup berkembang, namun memiliki sifat kewirausahaan dan belum bisa menerima pekerjaan subkontraktor serta belum bisa melakukan kegiatan ekspor.

“Potret UMKM masa depan Indonesia digambarkan sebagai usaha yang bisa naik kelas dari dominasi usaha mikro menjadi usaha kecil dan menengah, berbasis riset, dekat dengan teknologi, value creation (menciptakan nilai tambah), market driven (didorong pasar), memahami pasar, mengenal perubahan, serta inovatif” KemenkopUKM.

Pada tanggal 07 November 2022 Hadi Sisyanto, S.Kom selaku Founder & CEO Creative Media diundang oleh Dinas Koperasi, UKM & Perdagangan Kab. Tuban untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop UMKM Naik Kelas pada Sub Kegiatan Pemberdayaan Melalui Kemitraan Usaha Mikro.

Baca artikel lainnya : Creative Media Manjadi Narasumber Dalam Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Oleh Diskoperindag Kab. Tuban

Materi yang diangkat adalah Strategi Usaha Mikro atau UMKM bisa naik kelas. Diantaranya adalah menyiapkan Legalitas Usaha, memanfaatkan Teknologi Informasi, Menerapkan Pemasaran Digital, SDM berkualitas, Fokus pd Kualitas Produk maupun Pelayanan, Branding Produk, Adaptif serta siap Menjalin Kemitraan. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti Workshop Usaha Mikro tersebut, semoga materi yang diberikan bisa diserap dan bisa membuka wawasan bagi pelaku Usaha Mikro atau UMKM untuk bersaing secara Global dan siap untuk Naik Kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *