Belajar Desain Grafis Pemula

 Belajar Desain Grafis Pemula

Belajar Photoshop

Belajar Desain Grafis Pemula

Dalam Belajar Desain Grafis terutama bagi pemula yaitu Adobe Photoshop. Software tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Program Editor gambar yang sering digunakan banyak orang untuk Belajar Desain Grafis. Semisal Adobe Lightroom, plugin photoshop untuk para fotografer yang berfungsi untuk pencahayaan di sekitar objek dan dalam foto yang bersangkutan. Software in sangat cocok bagi anda yang ingin Belajar Desain Grafis untuk kebutuhan percetakan maupun digital imaging.

 

Awal Mula Adobe Photoshop

Thomas Knoll; seorang Mahasiswa PhD di Universitas Michigan tahun 1987 membuat sebuah program pada Macintosh Plus dengan tujuan menampilkan gambar Grayscale pada layar monokrom. Bersama saudaranya, yakni John Knoll (Karyawan dari Industrial Light & magic), mereka merubah program itu menjadi program penyunting gambar terutama untuk Belajar Desain Grafis.Dua bersaudara itu (Thomas Knoll dan John Knoll) merubah nama program itu dengan nama ImagePro.Tahun 1989, Thomas merubah nama programnya itu menjadi Photoshop dan bekerja sama dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program yang dibuatnya menggunakan slide scanner. Selama pendistribusian itu, John pergi ke Silicon Valley yang berada di California guna mendemonstrasikan programnya kepada Insinyur di Apple Computer Inc. dan kepada Russel Brown, selaku Direktur Seni di Adobe. Demonstrasi itu berhasil dan pihak Adobe memutuskan membeli Lisensi untuk mendistribusikan program tersebut pada September 1988, pastinya Adobe mempunyai alasan kuat kenapa membeli lisensi tersebut, pasti sudah berfikir bahwa software ini bakal populer bagi yang ingin Belajar Desain Grafis. Sementara itu john bekerja pada plug-in di California, dan Thomas tetap tinggal Ann Arbor untuk menulis kode program. Pada tahun 1990 Photoshop versi 1.0 dirilis untuk Macintosh. Wach luar biasa yah, akhirnya kita bisa Belajar Desain Grafis menggunakan Adobe Photoshop untuk yang pertama kali, tapi saat itu sayangnya Desain Grafis belum populer seperti sekarang ini.

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP

Adobe Photoshop Versi 1.0

Tool yang disuguhkan cukup banyak meliputi fitur shape, gradient, dsb. Versi ini hanya bisa berjalan di OS MAC, belum bisa di Windows seperti yang saat ini, jadi bagi anda yang ingin Belajar Desain Grafis dan OS anda Windows pastinya harus membeli Macbook dulu.

 Adobe Photoshop Versi 2.0

Pada versi ini Photoshop sudah banyak menggunakan fitur pewarnaan, terlihat dari logo dan welcome splashnya yang berwarna. Jadi jika anda ingin Belajar Desain Grafis dan ingin membuat desain yang berwarna harus pakai Versi 2 keatas.

 Adobe Photoshop Versi 3.0

Di versi ini, photoshop diberikan tambahan fitur yang khas dan menjadi senjata pamungkas Photoshop yaitu layer dan palet warna. Cocok banget bagi yang ingin Belajar Desain Grafis dengan fitur-fitur full color, karena sudah tersedia banyak pallete, menarik tentunya.

 Adobe Photoshop Versi 4.0

Pada versi ini tidak begitu banyak perubahan, perubahan di versi ini yaitu pada fitur penambahan Action (Macros) dan penambahan fitur Adjusment Layers. Dimana kegunaan dari Action adalah merekam suatu action atau kejadian yang bisa anda terapkan ke dalam desain yang lain. Cocok banget dipakai Belajar Desain Grafis bagi yang ingin Riseze file dari ukuran besar ke ukuran kecil dan sebaliknya dalam jumlah ratusan.

Adobe Photoshop Versi 5.0

Dari segi tampilan photoshop versi ini masih tidak jauh beda dengan versi photoshop sebelumnya. Versi ini ada penambahan fitur History pallet, Magnetic Lasso dan Color Management. Jadi cocok banget bagi anda yang ingin Belajar Desain Grafis dalam editing atau crop crop foto.

 Adobe Photoshop Versi 6.0

Di fitur ini ada penambahan fitur Vector Shapes, Layer Styles (Blending Options), dan Liquify (Fitur Filter). Jadi ada banyak tambahan fitur, cocok banget bagi anda yang ingin Belajar Desain Grafis untuk penggunaan efek-efek Drop Shadow, Stroke dll.

 Adobe Photoshop Versi 7.0

Tampilan pada versi ini lebih segar serta penambahan fitur Healing Brush dan Painting Engine baru. Tidak hanya itu versi ini sudah bisa digunakan pada tiga OS (Windows,Mac OS ’Classic’ dan Mac OS X). Jadi sangat disarankan bagi yang ingin Belajar Desain Grafis pada Digital Imaging atau fotografi.

 Adobe Photoshop CS1  (Versi 8.0)

CS atau Creative Suite, pada versi ini Photoshop diintegrasikan dengan aplikasi creative suite lainnya yang di buat oleh Adobe. Fitur baru di versi ini yaitu, Camera Raw 2.x, Shadow, Slice Tool, Lens Blur pada menu filter, dsb. Ini dikembangkan karena mengikuti perkembangan dunia website yaitu bagaimana Cara Membuat Website. Pada versi ini digunakan untuk Belajar Desain Grafis pada kebutuhan Cara Membuat Website menggunakan Adobe Photoshop, tapi sayangnya kita belum bisa melakukan conver secara langsung ke HTML. Jadi yang kita buat adalah User Interfacenya saja, untuk Bahasa Pemrogramannya menggunakan Pemrograman Web yaitu HTML, PHP, CSS dll.

 Adobe Photoshop CS2 (Versi 9.0)

Versi ini dirilis untuk Operating Sistem Mac OS X dan Windows 2000/ XP. Terdapat fitur Camera RAW 3.x, Image Warp, Red Eye Tool, Vanishing Point, Smart Sharpen. Jadi tepat sekali digunakan Belajar Desain Grafis bagi pemula untuk edit-edit foto sederhana.

 Adobe Photoshop CS3 (Versi 10.0)

Pada versi ini Adobe memberikan kesan minimalis serta berprioritas workspace. Terdapat fitur baru; Mobile Defice Graphic Optimization, Quick Select Tool, Auto Align and Auto Blend, Black-White Conversion Adjusment, Quick Select tool. Kita bisa Belajar Desain Grafis  untuk memposisikan objek dengan fitur auto align.

 Adobe Photoshop CS4 (Versi 11.0)

Fitur baru pada versi ini ; Support Adobe Bridge, Maks Panel, Adjusment panel, dsb. Selain fiturnya lebih komplek pada versi ini bisa digunakan untuk Belajar Desain Grafis berbagai macam dan pola, mulai dari teknik, layouting dll.

 Adobe Photoshop CS5 (Versi 12.0)

Selain fitur yang komplek penambahan pada versi ini yaitu Automatic Lens Correction, Mixer Brush, Support MacOS X64 bit, Camera Rain control. Kami familir dengan Versi ini, biasanya kami menggunakan untuk Belajar Desain Grafis bagi siswa-siswa kami, mulai dari Basic hingga Advanced.

 Adobe Photoshop CS6 (Versi 13.0)

Pada versi ini terdapat banyak penambahan fitur, diantaranya Adobe Camera Raw 7, Auto Recovery, New Crop Tool. Tapi selama ini kam belum pernh menggunakan fitur ini, entah dimana fungsi dan kegunaanya dalam Belajar Desain Grafis karena kami belum pernah praktek secara langsung, jadi kami belum bisa memberikan komentar apapun di versi ini.

Adobe Photoshop CC 2013 (Versi 14.0)

Terdapat beberapa fitur baru di versi Creative cloud ini, yaitu Camera Shake Reduction, Blur Trace Bounds, Smoothing, Artifact Suppression, terdapat juga fitur yang berada di adobe illustrator. Selain itu yang lebih menarik di versi ini juga dapat digunakan untuk Belajar Desain Grafis membuat website dan menggenerasi kode css serta mengimport warna dari HTML sebuah situs. Bisanya ini dipakai bagi Web Desainer untuk mendesain sebuah website dan di convert ke HTML dan CSS. Menarik bukan… Sangat kami rekomendasikan bagi anda yang ingin tahu bagaimana Cara Membuat Website menggunakan Adobe Photoshop dan mengkonvert ke HTML. Bagaimana tertarik untuk mencoba Belajar Desain Grafis menggunakan software pada Versi ini ?

 Adobe Photoshop CC 2014 (Versi 15.0)

Bagi kami sulit mengungkapkan dalam kata-kata pada versi ini, tambahan fitur untuk kebutuhan 3D pun tersedia disini, sangat menarik sekali bagi anda yang ingin belajar membuat objek 3D yang powerfull. Tapi sayangkan kami belum mencoba mengoperasikan untuk versi ini jadi dalam Belajar Desain Grafis kami masih menggunakan CS5, tapi tim kreatif kami tidak mau kalah update, dalam waktu dekat pasti siswa akan Belajar Desain Grafis menggunakan versi ini. Amazing bukan ?

 

4 thoughts on “Belajar Desain Grafis Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.